Friday, December 28, 2007

Review: Q&A - Vikas Swarup




Ram Mohammad Thomas hanyalah seorang pramusaji bar. Tak satupun pendidikan formal yang pernah dijalaninya. Namun siapa yang menyangka ia mampu memenangkan satu milliar Rupee di kuis Who Will Win A Billion. 13 pertanyaan yang diajukan oleh MC saat itu dapat dijawabnya dengan sempurna. Hal ini membuat semua tercenggang karena tak pernah ada dalam sejarah penyelenggara kus mengeluar uang sebesar itu kepada seseorang. Hal itu membuat mereka curiga bawa Ram Mohammad Thomas melakukan kecurangan. Polisi pun turun tangan. Ram di tangkap dan dipaksa menandatangani sebuah surat perjanjian yang menyatakan dirinya melakukan kecurangan. Ram tak punya pilihan lain.

Saat menjalani hukumannya, tiba- tiba datang seorang wanita yang mengaku sebagai pengacaranya. Ram tentu saja terkejut. Ia tak mengenal wanita itu. Terlebih lagi ia tak punya uang untuk menyewa seorang pengacara yang bernama Smita Shah. Namun Ram tak menolak begitu tahu bahwa pengacara itu ternyata mampu mengeluarkannya dari ruang penyiksaan.

Di rumah kediamannya, Smita Shah berjanji akan membantu Ram keluar dari masalah yang tengah membelitnya dengan satu syarat, Ram harus menceritakan semua hal. Awalnya Ram menolak karena berpikir Smita tak jauh berbeda dengan para polisi yang tidak percaya bahwa ia mempunyai jawaban untuk semua. Namu akhirnya Ram pun bercerita bagaimana ia dapat menjawab 13 pertanyaan itu satu demi satu dan mengungkap kehidupan pernik-pernik kehidupan Ram lebih dalam. dari Persahabatannya dengan Salim, kehidupan biara bersama Romo Timothy, bertetangga dengan seorang astronom perampokan di kereta api sampai perampokan yang terjadi di kereta yang ditumpanginya. Semua cerita mengalir tanpa ada satupun yang dikurangi Ram tanpa pernah bahwa Smita Shah adalah bagian dari cerita kehidupannya di masa lalu.


**

Satu lagi yang membuktikan bahwa buku lebih asyik ketimbang film. Ally tidak bilang kalau buku ini telah difimkan. Tapi kalau buku ini difimkan, pastinya akan menjadi ebih panjang dengan tarian dan nyanyian dari tokoh tokoh di dalamnya. Kapok deh nonton film india. Untungnya di buku yang stau ini tarian dan nyanyiannya nggak ada. Fuh Tapi di covernya buku ini akan difilmkan. Yang pasti kalau dibuat ma sutradara india pasti ada nyanyiannya.Ugh

Ally juga mau seberuntung Ram. Semua pertanyaan yang dikasih ma Dian Sastro tuh ga jauh dari keseharian. Hihihi.Pertanyaan di game Who Wants To be A Millionare aja agak susah ngejawabnya. Untuk meraih angka 1 juta saja susahnya bukan main. Bagaimana kalau benar – benar duduk di kursi panas yah?


Q&A
Penulis: Vikas Swarup
Penerjemah : Agung Prihantoro
Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta
Cetakan: 1, Desember 2006
Tebal: 460 Hal