Thursday, February 28, 2008

Review: Lembah Berduri - Patrick Carman



Setahun setelah kejadian yang melibatkan para narapidana, Alexa dan ayahnya kembali ke Bridewell. Tak banyak yang berubah dari kota ini termasuk perpustakaan tempat yang paling disukainya. Bahkan kursi empuk, tempat ia menghabiskan waktu sampai masih berada di tempat yang sama. Tempat inilah yang ia kunjungi sehari setelah tiba di Bridewell

Buyi ketukan tiba-tiba terdengar ketika Alexa baru saja hendak menekuni buku yang dipilihnya dari rak. Bunyi ketukan berulang –ulang itu ternyata berasal dari belakang kursi, dari balik pintu rahasia.

Alexa hanpir tak percaya ketika Yipes berdiri dihadapannya. Kedatangan kurcaci bukanlah kunjungan biasa. Pria kecil ini membawa surat untuk Alexa dari Warvold, pria pemimpin Bridewell yang meninggal tahun lalu. Surat itu menawarkan petualangan baru. Tentu saja bagi Alexa sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja, walau ia tahu petualangan ini jauh dari hal-hal yang menyenangkan. Setelah mempersiapkan segala yang diperlukan, Alexa pun meninggalkan Bridewell menuju bukit-bukit kelam

Perjalanan bersama Yipes membawanya pada seorang pria mantan narapidana bernama John Christopher, Odessa sang Serigala, Murphy si tupai dan tentu saja elang yang bernama Squire. Surat lain dari Warvold membuat semuanya semakin jelas. Kerajaan kecil bernama Castalia menjadi tujuan mereka. Tak hanya letaknya yangs sangat jauh yang menjadi rintangan, namun raksasa buruk rupa, gerombolan pencuci otak, segerombolan anjing liar yang sangat ganas dan kelaparan harus mereka hadapi. Dan tentu saja yang utama adalah menghadapi abaddon sang iblis pengendali pikiran.

Petualangan yang benar benar menegangkan. Bahkan menimbulkan teror berlebihan bagi Alexa. Kejutan demi kejutan datang silih berganti. Semua itu membuatnya sadar bahwa kelompok mereka harus bergerak lebih cepat sebelum pihak musuh berhasil dengan niatnya menghancurkan Negeri Elyon.

***

Tidak seperti buku pertama, buku ini menyisakan misteri yang membuat semua pembaca harus membaca buku ke tiga, Kota Kesepuluh. Sayangnya sampai review ini saya posting, belum ada kabar tentang penerbitan buku ini. padahal buku pertama dan kedua terbit dua tahun lalu. Semoga saja penerbit tidak seperti Alexa yang menghadapi ribuan makhluk mengerikan sehingga menghalangi mereka menerbitkan buku yang satu ini. Saya sebagai pembaca benar benar berharap pada buku ketiga ini. Petualangan Alexa benar benar harus diselesaikan.

Lembah Berduri
(The Land of Elyon book 2: Beyond the Valley of Thorns)
Penulis : Patrick Carman
Penerjemah : Widati Utami
Penerbit : Little K
Cetakan I: Juli 2006
Tebal : 308 hlm

2 comments:

Anonymous said...

iya kok kota kesepuluh belum keluar ya? atau udah?!
menurut web penerjemahnya sih dia udah terjemahin...
apa sudah ada yang beli? di mana?

Aleetha said...

Emang nggak diterbitkan ma Little K
:(