Tuesday 23 November 2010

Review: Uglies - Scott Westerfeld



Semua kaum buruk rupa di Uglyville harus menunggu hingga berusia 16 tahun sebelum akhirnya diubah menjadi rupawan.Dari penampilan fisik, mereka akan terlihat sangat sempurna. Mata yang indah, senyum menawan, kulit halus dan bersih, bentuk wajah yang simetris dan berbagai perubahan lainnya. Yang pasti berubah menjadi rupawan berarti banyak hal. Menjadi rupawan akan membawa dampak positif pada siapa pun. Itu yang mereka percaya.

Masalahnya menunggu hingga perubahan itu terjadi sungguh menyiksa. Bahkan ketika itu hanya tiga bulan lagi. Seperti yang dialami Tally Youngblood. Sebenarnya dulu ia tak seresah ini, ketika Peris, sahabatnya dari kecil,masih tinggal di Uglyville dan belum menjalani operasi. Namun begitu Peris menjadi bagian dari Kota Rupawan, Tally merasa hari-harinya menjadi sangat membosankan dan parahnya ia sungguh merasa kesepian. Membayangkan percakapan dengan Peris setiap harinya hanya akan membuatnya menjadi gila. Itulah mengapa suatu malam, Tally nekad untuk menyusup ke Kota Rupawan untuk menemui Peris.

Menyusup ke kota tempat tinggal para Rupawan sebenarnya sudah sering ia lakukan bersama Peris. Sehingga tak perlu heran jika ia dengan mudah dapat menyebrang dari Uglyvilleke kota Rupawan tanpa ketahuan. Namun ketika memutuskan untuk kembali ke asrama, Tally mendapat sedikit masalah. Beruntung ia bertemu Shay, seorang gadis buruk rupa dan juga tak jarang secara diam-diam mendatangi Kota Rupawan.

Dalam waktu singkat, Tally dan Shay menjadi sangat akrab. Mereka banyak melakukan banyak hal yang seru. Tally belajar cara mengendarai Hoverboard dan memodifikasinya. Ia sungguh menikmati setiap waktu yang mereka habiskan bersama. Ia berharap semua ini akan bertahan bahkan ketika operasi selesai. Sayang harapannya tak pernah terwujud. Karena ternyata Shay menolak untuk menjadi rupawan.

Dari Shay, ia tahu di luar sana banyak orang-orang yang menolak operasi dan memutuskan untuk menjadi buruk rupa selamanya. Mereka melarikan diri dan menetap di Smoke. Shay akan melakukan hal yang sama dan berharap Tally akan ikut dengannya. Sayangnya Tally memutuskan untuk tetap tinggal dan menjadi rupawan.

Rasa sedih karena kehilangan Shay masih tersisa bahkan di hari yang telah lama ditunggunya. Namun hari itu ternyata bukanlah hari besar bagi Tally. Karena tak ada operasi sama sekali. Kecuali ia mengungkapkan semua yang ia tahu tentang kaum buruk rupa yang melarikan diri. Tally harus memilih satu, melanggar janjinya pada Shay atau menjadi buruk rupa selamanya.

Seru, itu kata yang saya pilih untuk mengambarkan seluruh isi novel ini. Dari setting kota dengan konsep yang sangat aneh, sejarah masa lalu yang suram dan tentu saja teknologi yang dipakai. Kata Hoverboard adalah kata yang menarik perhatian saya dan menjadi pemicu untuk terus membaca buku ini hingga tuntas. Kalau pernah nonton Back to The Future III, benda yang bentuknya mirip skateboard itu tentu tidak asing lagi. Saya sempat berpikir ketika Marty McFly berada di masa yang sama dengan Tally.

Ide operasi plastik untuk menjadi rupawan, alasan orang-orang yang memegang kuasa untuk tetap menjaga semua tetap pada rel yang telah mereka tetapkan dan berbagai rahasia dibelakangnya juga menjadi daya tarik di buku ini. Tak sabar rasanya membaca kelanjutan buku ini.

Dari wikipedia, 20th Century Fox mengadaptasi novel ini ke layar lebar dan direncanakan tayang tahun depan. Semoga aja hasilnya keren.

Uglies
Penulis: Scott Westerfeld
Penerjemah: Yunita Chandra S.
Penerbit: Matahati
Cetakan: I, April 2010
Tebal: 432 hal

22 comments:

Hana Mugiasih said...

Cerita mengenai apa pun akan menarik buatku. Ditunggu kucuran buku gratisnya,,, haha

Ana said...

wah, ternyata bukunya bersambung..?? aku tertariknya karena ide yang unik itu, memisahkan antara negeri buruk rupa dan cantik rupa. kayanya sangat menggambarkan keadaan kita sekarang kan ya? hehehe

fica said...

wah...udah lama sih pengen baca nih buku..tapi blum kesampean karena banyak buku yang ngantri...tapi, stelah liat review jadi betul2 pengen beli..hehehehe

KatieCan86 said...

I'm following you from the Making Friends Monday Blog Hop :)
~Katie~
*Stop by anytime :)*
http://theromantictype.blogspot.com/

BrettBMartin said...

I'm your newest confirmed email subscriber from Mailbox Monday!! Thanks for joining in!

www.mamalovesherbargains.com

Unknown said...

I am your newest follower from the Monday Blog Hops! Come check out my blog at: http://adventuresofathriftymommy.blogspot.com/

Have a great day!

Unknown said...

I just love the Uglies series!! I am a new follower!
Feel free to stop by my blog.


Lily

Fanda said...

Waduh, ceritanya masih bersambung? Jangan2 dibikin trilogi, biasanya gitu sih. Kayaknya memang seru ya

Aleetha said...

@Fanda
Aku suka
Nggak sabar nunggu Pretties, lanjutan Uglies nyampe rumah.

Carissa said...

Hey Aleetha!

I love your blog header! Wonderful picture.

New follower!

April said...

hi! i'm following from the Fun Follow Friday blog hop! i'd love if you would visit my blog and follow back :)

loved this whole series.

best,
april

www.marineparents.blogspot.com

Carrie at In the Hammock Blog said...

Hi! Thanks so much for stopping by my blog!! have a great weekend!

Alison Can Read said...

Hi Aleetha. I'm returning your follow from the Friday Hop.
You asked what my favorite manga is. I really like Fruits Basket, but I just started Vampire Knight and I love it.

Kathy Habel said...

Stopping by to say hi.

Samantha VĂ©rant said...

I thought the Uglies series was awesome! My 13 yr-old step-daughter is reading it now!

Mithee (The Deranged Book Lovers) said...

Ack! I didn't understand your review, but the cover is... hm. Is that the Indonesian cover of Uglies?

Aleetha said...

@Mitthe
Hi there. I thought you are Indonesian. I am so sorry if your dont get even single words of it. But you can use the Translation Gadget on the top of my side bar
XD

yeah, That;s Indonesian Cover for Uglies

Thanks for stopping by

S (Book Purring) said...

Hi! Thanks for following me, I'm following you back :) Your header is adorable!

TS Frima said...

hai :)

Cliona said...

Terim kasih untuk mengikuti blog saya

Sheila (Bookjourney) said...

I can not read your review but I hope to read this book some day!

Aleetha said...

@Sheila

I have translator gadget in my sidebar. But I am afraid that the result will make you confuse.

Yeah I love this book. I hope when you read it, you'll enjoy as I do

#SS2014: The Riddle

Here we go again~ Setelah dua tahun berturut-turut dapat buku terjemahan, tahun ini aku dapat buku dari penulis Indonesia. Ud...