Tuesday, October 30, 2012

[Not a Review] BBI : Semua Karena Buku

Ngga terasa udah setahun lebih sejak Blogger Buku Indonesia terbentuk (BBI).
Terlihat banget perkembangannya. Terakhir ngecek jumlah blogger yang nulis review buku tuh baru nyampe 90an. Pagi ini, begitu ngecek lagi ternyata daftar BBI tuh udah nyampe angka 189. WOW!!! Di luar sana kutu buku yang juga nulis ulasan tentang buku yang dilahapnya tuh banyak banget. Andai semua blog itu ikut berpartisipasi di posting bareng setiap bulannya. Huaaahh kebayang serunya!!!.

Hhmmm...soal sejarah masuk BBI, tanggal 13 April (yang akhirnya dipilih sebagai hari lahirnya BBI), blog bukuku, It's All About Books, udah terdaftar dan masuk list. Terima kasih untuk Rahib HTanzil.

Sejarahnya ngga berhenti sampai pendataan. Semuanya berlanjut ke terbentuknya grup di facebook, yang merupakan wujud dari diskusi bersama Ana dan Mia.Intinya nggak pengen BBI tuh hanya angka di thread goodreads, tapi bisa macam komunitas blogger buku di luar, yang bikin tour blog ataupun posting resensi buku bareng. Setelah diskusi beberapa hari dan ngajak blogger-blogger lain dan menjelaskan mekanismenya gimana, akhirnya tanggal 21 April 2012, grup di facebook terbentuk. Ide untuk posting bareng pun terwujudkan di akhir 31 Mei 2012 dengan Wuthering Heights terbitan Gramedia sebagai buku pertama.

Alhamdulillah, setelah setahun lebih, posting bareng ini terus berlanjut dan member yang gabung juga semakin banyak. Walau nggak semua bisa ikut, tapi tetap senang setiap bulannya pesertanya tetap ada.

Harapan ke depan,semoga BBI nggak hanya sekedar angka sehingga tujuan awal terbentuknya komunitas ini bisa tercapai. Semoga rencana-rencana yang udah dibahas di grup, dari website sampai forum bisa segera terwujud. Jadi semua blogger buku bisa ngumpul, dan nggak terbatas di grup rahasianya facebook.

ps: Tulisannya ini dibuat dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober kemarin :D