Wednesday, November 12, 2008

Review : Spring-Heeled Jack - Phillip Pullman




Panti Asuhan Alderman Cawn-Plaster Memorial bukan tempat yang menyenangkan bagi siapa pun. Tidak hanya bubur yang tidak enak atapun selimut tipis yang tidak mampu menghalau rasa dingin, tempat itu juga dikepalai oleh Mr Killjoy dan asistennya Miss Gasket yang jahat. Semua anak – anak panti mengenal baik bagaimana watak kedua orang yang hanya mengincar uang pembayaran panti setiap bulannya.

Tak heran jika suatu malam Rose , Lily dan Little Ned akhirnya memutuskan untuk kabur dari tempat mereka tinggal selama 18 bulan lamanya. Mereka tak bisa bertahan lebih lama lagi.Pelabuhan menjadi tempat tujuan mereka. Mereka berencana untuk naik Kapal Indomitable dan meninggal London. Rose berkata akan menjual kalung peninggalan ibu mereka untuk membeli tiket kapal.

Sayangnya rencana yang telah disusun rapi itu akhirnya berantakan. Mack si Pelempar Pisau , penjahat paling jahat di London mendengar rencana mereka. Tak butuh waktu lama untuk membuat ketiga anak itu ketakutan. Walau tak dapat mengambil kalung ibu mereka, namun Little Ned berhasil diculiknya. Rose dan Lily bisa mendapatkan Ned kembali, asalkan mereka mau menukarkannya dengan harta terakhir yang mereka miliki.
Keadaan mereka benar – benar menyedihkan. Sekarang mereka tak hanya dihantui oleh Mack si penjahat, karena Mr Killjoy dan Miss Gasket yang tak kalah jahatnya, yang telah menyadari bahwa tiga anak telah kabur, mulai melakukan pencarian bahkan telah menghubungi polisi setempat.

Belum juga mereka keluar dari satu masalah, tiba-tiba di hadapan mereka muncul sosok asing. Rose dan Lily tak dapat mengeluarkan kata kata , kecuali berteriak sekencang mungkin.

Satu lagi novel anak – anak karya Philip Pullman. Seperti buku yang lain, buku ini juga di lengkapi dengan ilustrasi. Namun kali ini ilustrasinya jauh lebih menarik. Karena ditampilkan menjadi bentuk komik yang menjadi bagian dalam cerita.

Bagian yang tidak kalah menarik adalah kalimat pertama setiap bab yang ternyata diambil sang penulis dari buku – buku terkenal seperti milik Charles Dicken dan Herge. Sehingga setiap kali memulai bab berikutnya, rasa penasaran menggelitik saya untuk mengetahui kata – kata milik siapa yang dikutip Mr. Pullman. 

Spring - Heeled Jack
Judul Indonesia: Jack si Pelompat
Kisah Tentang Keberanian Dan Kejahatan
Penulis: Philip Pullman
Penerjemah: Yashinta Melati F.
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Septermber 2008
Tebal: 128 hlm