Wednesday, November 14, 2007

Review: The Secret - Rhonda Byrne




The Secret,Rahasia, kata-kata yang tertulis di sampul buku berwarna coklat beberapa pekan lalu, membuat saya penasaran dengan isinya. Sebelum membaca resensinya pun saya berpikir bahwa ini adalah sebuah novel.

There's a big secret in your hand
Kalimat yang tertulis di cover belakang membuat saya ingin mengetahui setiap kalimat yang disusun oleh Rhonda Byrne. Tiga paragraph berikutnya tak mampu membuat rasa ingin tahu saya reda. Sayangnya saat itu saya tidak dapat mengajaknya masuk ke kantong belanjaan yang susah sesak dengan tumpukan buku yang memang telah saya rencanakan sebelumnya. Namun buku ini tentu saja sudah masuk dalam list to buy.
Beberapa pekan setelah kunjungan ke Gramedia, saya tidak lagi memikirkannya. Namun secara mengejutkan, ketika kembali ke sekolah setelah liburan beberapa hari, saya kembali dipertemukan dengan buku ini. Wakasek saya, Mr Denny, yang saat itu baru saja tiba dari bandara, memperlihatkan buku yang sudah tak asing lagi. The Secret.
Rahasia yang coba diungkap oleh Rhonda Byrne telah diketahui oleh pemikir besar, penemu, dan ilmuwan terbesar seperti Plato, Galileo, Beethoven, Edison, Carnegie,Lincoln, Einstein, dan tokoh tokok besar lainnya. Dengan rahasia ini mereka memberikan warna yang berpengaruh bagi dunia ini. Rahasia itu tak lain adalah Hukum Tarik Menarik yang menyatakan bahwa kemiripan menarik kemiripan. Jadi ketika memikirkan sesuatu, kita juga menarik pikiran pikiran serupa ke diri kita sendiri.

It's all because of your thought
Benak manusia tak pernah berhenti bekerja. Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk berpikir. Berbicara, mendengarkan orang lain, menonton TV, mengenang masa lalu, mempertimbangkan sesuatu di masa depan, ketika bersiap di pagi hari, bahkan ketika membaca blog saya ini, anda berpikir. Satu-satunya waktu ketika kita tidak berpikir adalah ketika tertidur. Sadar atau tidak, pikiran memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita.


Pikiran pikiran kita layaknya sebuah magnet. ia akan menarik segala sesuatu yang sedang terlintas dalam benak. Ketika kita memikirkan sesuatu , kita juga menarik pikiran pikiran serupa ke diri kita. Bahkan hidup kita sekarang adalah cerminan dari pikiran – pikiran kita di masa lalu. Pikiran bekerja seperti pepatah lama, “apa yang kita tanam , akan kita tuai”. Semua hal yang yang ada di benak kita, termasuk semua keinginan kita, akan menjadi sesuatu. Sayangnya beberapa orang cenderung memikirkan hal-hal yang tidak ia inginkan. Sehingga mereka berbicara, bertindak dan berfokus pada hal-hal yang tidak diinginkannya. Parahnya, semua itu akan menarik mereka ke hal – hal yang lebih buruk lagi.

Sekali lagi, semua yang kita dapatkan dalam hidup ini karena kita terus menerus memancarkan semua hal tersebut melalui pikiran – pikiran kita. Merekalah yang menciptakan kata-kata yang kita ucapkan, perasaan yang kita rasakan, termasuk tindakan tindakan yang kita.

Identify your feeling

Jadi bagaimana mengontrol pikiran – pikiran yang jumlahnya begitu banyak di setiap harinya?


Ternyata kuncinya terletak pada perasaan kita. Perasaan menggambarkan apa yang kita sedang kita pikirkan. Tidak mungkin seseorang memiliki suatu perasaan yang buruk dan pikiran yang baik pada saat yang bersamaan.

Tak ada yang dapat mendeteksinya lebih akurat kecuali diri kita sendiri. Memang tak mudah untuk mengubah perasaan buruk menjadi perasaan yang baik. Namun bukan hal yang mustahil untuk melakukannya. Play your favorite music, Sing your song, Eat some ice cream atau lakukan segala hal yang bisa membuat kita mampu mengembalikan semuanya perasaan baik ke permukaan. Lakukan semua hal tersebut ketika perasaan marah, sedih, bosan mulai menyerang. Kalau yang satu tidak ampuh lakukan lagi hal yang lain. Ingat kembali tentang hukum tarik menarik. Perasaan baik akan menarik semua hal yang jauh lebih baik dan begitu pula sebaliknya.

Reveal your wishes
Membuat semua keinginan kita menjadi kenyataan ternyata begitu mudah. Yang perlu kita lakukan hanya meminta, percaya dan menerima. Hukum tarik menarik tak pernah membatasi permintaan kita. Ia akan memberikan apapun yang terlintas dalam benak. Percaya bahwa semua keinginan itu akan terwujud bahkan seakan-akan telah memilikinya akan sangat membantu. Percaya bisa terwujud melalui cara bertindak, berbicara, dan berpikir bahwa semua itu telah kita miliki. Menerima melibatkan perasaan kita saat ketika keinginan kita terwujud.
Tak perlu bertanya kapan semua keinginan itu terwujud. Semua yang kita pikirkan akan menarik kita ke semua hal yang kita inginkan.

Appreciate everything that you have
Kalau diperintahkan untuk menuliskan semua hal yang kita inginkan dalam hidup ini, selembar kertas tentu tidak akan cukup. Bagaimana cara mendatangkan semua hal tersebut dalam kenyataan. Ternyata salah satu caranyanya adalah bersyukur. Berterima kasihlah untuk semua hal yang telah kita miliki sekarang. Bahkan hal hal kecil sekali pun. Karena semakin banyak yang kita syukuri semakin banyak yang akan kita terima. Berterima kasih memiliki kekuatan tersendiri


Visualize your wishes
Putuskan apa yang kita inginkan. Gunakan imajinasi untuk menvisualisasikan semua hal tersebut dalam benak. Lakukanlah sesuatu seperti menggambar, menempel guntingan, menuliskannya, ataupun semua hal lain yang bisa membantu kita menvisualisasikannya, karena hukum tarik menarik akan membawa semua hal tersebut menjadi kenyataan.


Sekali lagi semua terletak pada pikiran kita. Apapun yang kita terima saat ini adalah hasil pemikiran kita di masa lalu. Jadi fokuskan pikiran hanya pada semua yang kita inginkan. Semua itu adala pekerjaan dalam diri kita. Dunia luar hanyalah akibat dari pikiran. Pikirkan sesuatu yang membuat kita bahagia dan gembira berulang ulang. Sehingga untuk meraih surga di dunia bukanlah hal yang mustahil.

***

Akhirnya rasa penasaran saya terjawab. Two thumbs up for this book

Walau sebenarnya rahasia ini sudah banyak terbitkan dalam beribu buku. Namun pengemasannya sangat menarik. Bukan hanya dari sisi kalimat yang ada di dalamnya tapi juga dari tokoh – tokoh yang dirangkul oleh Rondha memberikan sesuatu yang berbeda. Apalagi melihat film yang mereka buat. Tidak salah kalau buku ini menjadi best seller. Rasanya ingin membagikan buku ini ke semua orang.

Walaupun sebenarnya tak perlu jauh jauh, semua kalimat – kalimat Rhonda telah lama disampaikan oleh Allah melalui Al- Quran dan Sunnah Rasulullah. Subhanallah

The Secret 
Judul Indonesia: Rahasia
Penulis: Rhonda Byrne
Alih Bahasa: Susi Purwoko
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Jakarta 2007