Thursday 27 December 2012

Not a Review: A Letter from SS



Ally,

Hari ini aku menemukan buku itu Wonder, oleh R.J Palacio. Awalnya aku ingin membeli The Girl with Glass Feet. Aku telah membacanya, Ally, dan mungkin buku yang pas untuk kamu baca.

Sayangnya,Aku tidak menemukan buku itu di toko buku kesayanganku. Aku punya banyak sekali toko buku favorit. Aku akui, aku hanya mencari di tiga toko, tapi rasanya buku itu hilang. Tidak mungkin aku memberi punyaku, kan? Di salah satu toko, aku melihat novel oleh Robert Harris, Conspirata. Aku ingat pernah melihat buku ini dalam rak "SS" di website Goodreads. Tapi setelah aku mengecek, buku itu sudah tidak ada. Mungkin aku salah lihat, atau mungkin kamu sudah tidak menginginkannya lagi, Ally.

Maafkan aku, kamu pasti ingin tahu siapa aku. Aku memang tidak sopan, tidak mengenalkan diri kepadamu terlebih dahulu Ally, cobalah pergi ke Barat, mengikuti burung-burung yang terbang.

Ally, kamu harus menjadi seorang pemberani. Cobalah untuk tidak takut kepada hantu karena mereka tidak akan menyakiti.

Selamat membaca, Ally. Aku tidak sabar menunggu tulisanmu tentang buku ini

Salam, 
Santa

~~~

Dear my SS,

Terima kasih ya~~~. *hugs hugs hugs*
Senang banget pas tahu kalau aku dapat Wonder. Beneran ngga sabar pengen baca. Tapi karena harus ngejar 2012 Goodreads Reading Challenge yang masih ketinggalan jauh (masih kurang 20 buku nih), jadinya kusimpan dulu. Semoga dirimu pun dapat buku sesuai harapan.

Agak heran kenapa kamu ngirim Wonder jauh-jauh hari, bahkan sebelum jadwal yang tentukan oleh Ndari dan Oky. Aku ngga mungkin lupa, kamu jadi khawatir karena aku blom juga laporan. *puk-puk* Seharusnya ketika ngelink rak SS-ku di grup, aku juga ngasih tahu kalau pengiriman ke Manado tuh memakan waktu yang lumayan lama. Sekalian ngasih tahu jasa pengiriman mana yang cepat nyampenya. Maaf ya, baru terpikir sekarang.

Hhmmm...aku pun udah lama nggak ngeliat buku The Girl with Glass Feet. Dulu, setiap kali ke Gramedia, bukunya selaku kutimang. Tapi selalu ada keraguan untuk membawanya pulang dan menjadikannya bagian dari rak bukuku. Andai saja kita bertemu di BBI lebih awal, mungkin kamu bisa bercerita lebih banyak tentang buku itu.

Soal Conspirata, aku memang pernah naruh di rak SS. Tapi nyadar kalau Imperium aja blom kelar kulahap. Jadi kukeluarkan dari list. Maaf banget kalau jadi bingung.

Untuk riddle, beneran pusing mikirinnya. Udah nanya teman kantor trus cerita ke beberapa member BBI. Tapi ga ada yang pas. Saking bingungnya, sampai males ngutak-ngatik lagi. Tapi kalau yang member lain aja bisa nebak siapa SSnya. Masa iya aku nggak. Jadi suratmu kubaca lagi. Tiba-tiba sadar kalau aku mikirnya terlalu jauh dan sedikit maksa. Padahal jelas banget kamu dah ngasih banyak banget petunjuk. Fuuuhh...nyaris jadi X yang abai. Seharusnya emang baca suratmu pelan-pelan aja. 

Sebelum akhirnya yakin kamu itu siapa, sempat loh milih dua orang dan mengaitkan ini itu. Tapi setelah ngecek ini dan itu, semua petunjuk memang hanya mengarah padamu. hehe.

Sayangnya, panitia SS 2012 tidak mengijinkan untuk menuliskan namamu sekarang. Jadi bersabarlah. Tanggal 31 Januari tahun depan, kupastikan tidak akan ada huruf yang salah.
*winked*


Sampai Nanti,
~Ally~

PS: Saking penasarannya dan pengen mecahin riddle yang kamu tulis, sampai nggak nyadar gelas yang kupegang, isinya netes. Jadilah ada bercak di surat yang kamu tulis. Ah iya, butuh perjuangan lho untuk ngupload fotonya. Sinyal di rumahku kacrut, cuman dapat sinyal GPRS trus bluetooth bermasalah.

PSS: aku lupa ngambil gambar Wonder beserta pembungkus cokelatnya. Yang kepikiran cuman surat yang berisi riddle yang buat aku bingung berhari-hari. Harus nunggu balik ke Manado dulu untuk ngambil gambar aslinya. Untuk sementara, kupikir cukup dengan gambar cover dari penerbit. Makasih untuk sampul plastiknya.




Wonder
Penulis: R.J. Palacio
Penerjemah: Harisa Permatasari
Penerbit: Atria
Cetakan: I, 2012
Tebal: 430 hlm

No comments:

#SS2014: The Riddle

Here we go again~ Setelah dua tahun berturut-turut dapat buku terjemahan, tahun ini aku dapat buku dari penulis Indonesia. Ud...